Rabu, 26 Juni 2013

DOA DAN AMALAN DIMUDAHKAN MENDAPATKAN JODOH



DOA DAN AMALAN UNTUK MEMUDAHKAN MENDAPAT JODOH

Jodoh memang ada di tangan Alloh SWT. Alloh SWT telah mencatat jodoh, rezeky, mati atau semua nasib manusia itu di Lauhi Mahfud. Jadi memang semuanya sudah di atur oleh sang pencipta yaitu Alloh SWT. Oleh karena itu janganlah kita takut akan suatu hal, misalnya dalam perjodohan. Alloh SWT telah berfirman dalam Al-Qur’an :  

Firman Alloh dalam surat An-naba ayat 8 : “Wakholaknakum ajwajan”
Artinya : “Dan Kami jadikan kamu berpasang-pasangan (An-naba ayat 8)”.

Sangatlah jelas disini bahwa kita sebagai mahluk Alloh SWT yang memang masih belum memiliki pasangan (jodoh), janganlah merasa takut. Karena Alloh SWT telah mencatat bahwa manusia di ciptakan oleh Alloh SWT berpasang-pasangan.
  
Tapi dengan segala kemurahan rahman dan rohimNya. Semua itu bukan berarti kita tidak di beri pilihan oleh Alloh SWT. Alloh SWT menurunkan Qodo dan Qodar bagi manusia. Qodo berarti ketentuan yang tidak bisa di rubah lagi hanya Alloh SWT yang maha mengetahui. Dan Qodar adalah ketentuan Alloh SWT yang memang kita masih bisa kita berusaha untuk memperbaiki atau meraih sesuatu dengan ikhtiar dengan ijin Alloh SWT.

Dalam sebuah ayat Al-qur’an Alloh SWT berfirman dalam surat ar-raad ayat 11 yang artinya : “Sesungguhnya Alloh SWT tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan mereka sendiri (Ar-raad ayat 11)”.

Banyak memang saudara kita yang karena beberapa hal seperti kesibukan kerja atau hal lainnya sehingga sampai saat sekarang belum di berikan jodoh oleh Alloh SWT.
Islam merupakan Agama yang fleksibel. Artinya semuanya / permasalahan kehidupan yang salah satunya perjodohan, dapat dengan mudah  dipecahkan dengan berbagai solusi. Dan solusi itu tidak keluar dari tujuan umat islam itu sendiri yaitu khusnul khotimah di dunia dan di akhirat, karena memang solusi itu didapat dari Al-qur’an dan Hadist. Islam yang berpegang pada Al-qur’an dan Hadis menganjurkan 2 hal dalam mencari solusi dari persoalan yang dalam hal ini adalah perjodohan :
1.      Doa dan amalan
2.      Ikhtiar

1 Doa
Doa merupakan senjata bagi umat muslim. Dalam sebuah kisah di sebutkan bahwa Alloh SWT sangat merindukan umatNya yang berdoa kepadaNya. Banyak memang doa-doa yang dapat kita panjatkan kepada Alloh dan ada tatacara tentang berdoa dan amalan bagi orang yang berdoa jika doanya ingin di kobul.


a.      Doa cepat dapat jodoh yang sholeh/sholehah

" Rabbana aatina fid dunyaa hasanah wafil akhirati hasnah..."
Doa ini dibaca 41 kali sehabis sholat lima waktu.

“ALLAAHUMMAFTAHLII HIKMATAKA WANSYUR ALAYYA MIN KHOZAA INI ROHMATIKA YAA ARHAMAR-ROOHIMIN”                                                                    Artinya : Ya Allah bukakanlah bagiku hikmahmu dan limpahkanlah padaku keberkahanMu, wahai Pengasih dan Penyayaang.
Doa ini dibaca sebanyak-banyaknya sehabis sholat pardu.

“HASBUNAWLOOH WANI-MAL WAKIIL NI’MAL MAWLA WANI’MAN NASHIIR”          ( ayat QS 9:129 ) :                                                                                                                   Artinya : Jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah : Cukuplah Allah bagiku tidak ada Tuhan selain DIA. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki Arsy yang agung.
Doa ini dibaca setelah selesai sholat pardu.

“ROBBI HABLII  MIN LADUNKA ZAUJAN THOYYIBAN WAYAKUUNA SHOHIBAN LII FIDDIINI WADDUNYAA WAL AAKHIROH”                                                                  Artinya : Ya Robb berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia & akhirat.
Doa ini bagi wanita yang berharap jodoh. Dibaca setelah sholat pardu.
Dalam hal doa ini, kita bisa berdoa dengan menggunakan bahasa kita sendiri, panjatkanlah kepada Alloh SWT apa yang menjadi keinginan kita. Dan curahkanlah isi hati kita kepada Alloh SWT. Dan alangkah baiknya doa itu di amalkan dimalam hari setelah kita mengerjakan amalan-amalan dan sholat sunat seperti sholat sunnat tahajud, sholat sunnat istikhoroh dan lain-lain. Karena dalam sebuah keterangan di cerikan bahwa Alloh SWT di setiap malam turun ke langit bumi sehingga di malam yang jam dan menitnya hanya Alloh yang tahu, tidak ada penghalang lagi munajat kita untuk sampai kepadaNya secara langsung.. Subhanalloh..

b.      Puasa
Puasa sangat dianjurkan agar hati kita yang kotor menjadi bersih. Bagi anda yang memiliki keinginan / jodoh berpuasalah 40 hari berturut-turut. Dalam sebuah hadist Nabi Muhammad di Tanya oleh sohabatnya. Kapan waktu yang baik agar doa kita di Kabul? Rosul menjawab dan diantara jawabannya itu adalah di kala puasa. (Baca tatacara doa yang makbul di www.mediaumatislam.blogspot.com).

c.       Membaca surat yasin
Surat yasin dalam Al-quar’an adalah diibaratkat jantung. Banyak padilah dan keutamaan surat yasin ini jikalau kita membacanya setiap malam. Bagi orang yang memiliki keinginan / maksud biasanya surat yasin ini di amalkan dengan di baca selama 40 hari berturut-turut bisa 1 sampai 3 kali selepas sholat magrib / isya atau selepas sholat tahajud. Dan setelah selesai membaca surat yasin tersebut berdoalah meminta kepada Alloh SWT apa yang menjadi keinginan dan maksud kita.
Dan ada juga yang mengamalkannya dengan dibaca 40 kali satu malam dan di baca sehabis sholat maghrib. Dan setelah selesai membaca surat yasin tersebut berdoalah meminta kepada Alloh SWT apa yang menjadi keinginan dan maksud kita.

d.      Sholat sunnat
Perbanyaklah sholat sunnat yang di anjurkan rosul dan bersholat sunat hajatlah di kala malam. Karena sholat sunnat hajat ini sangat ampuh sekali sebagai amalan bagi orang yang mempunyai keinginan / maksud.
Dan bagi yang ingin mengetahui siapa jodoh kita nanti sholat istikhorohlah.
Dan yang ingin di teguhkan agar kita ditetapkan pada satu pilihan tambahkan sholat istikhoroh kita dengan doa.
 ” Yaa muqallibal quluubi, tsabbit qalbi ‘alaa dinika.”                                                         Artinya : ” Wahai dzat yang membolak-balikkan hati , teguhkanlah hatiku pada tali agama-MU,” ( HR.TIRMIDZI )

e.       Sholawat
Perbanyaklah sholawat pada nabi muhammas saw. Di utamakan sholawat nariyah. Dibaca setelah sholat pardu. Karena hakekat sholawat itu adalah berdoa untuk diri kita sendiri. (Menguak fadilah besar sholawat nariyah di www.mediaumatislam.blogspot.com).

f.       Asmaulhusna

Misalnya adalah :
Yaa Dzal Jalaali Wal Ikram (Yang Maha Memiliki Kebesaran)
Fadilahnya : Jika dibaca 1065 kali setiap hari selama sebulan maka Alloh SWT akan mengabulkan segala maksud dan tujuannya dan memberikan kekayaan.
Banyak sekali fadilah yang akan didapat dari membaca asmaulhusna ini. Sehingga Alloh SWT memjanjikan banyak kebaikan bagi siapa saja yang mengamalkannya sebanyak-banyaknya. (Menguak fadilah besar asmaul husna di www.mediaumatislam.blogspot.com).

g.      Aturan berdoa
Berdoalah menurut tatakrama, aturan dan anjuran berdoa menurut Al-Qur’an dan Hadist. (Baca rahasia doa yang makbul di www.mediaumatislam.blogspot.com).

h.      Shodaqoh
Bershodaqohlah dengan sesuatu yang bermanfaat misalnya untuk mesjid, anak yatim, anak miskin dan sesuatu yang lain yang di jalan Alloh SWT. Shodaqoh ini sesuatu hal yang sangat baik bagi umat, karena dengan shoqoh bukannya mengurangi harta tapi malah akan menambahnya. Karena dalam sebuah hadist Alloh SWT menjanjikan akan menggantikan 10 kebaikan bagi mereka yang mengeluarkan 1 kebaikan saja. Dan banyak juga orang yang tidak tahu bahwa shodaqoh itu adalah ibarat obat bagi orang yang sakit sehingga menjadikan penyembuh bagi orang tersebut. Bagi yang belum menemukan jodoh shodaqoh ini adalah jalan yang insya Alloh. Alloh SWT akan menggantinya dengan sesuatu yang kita inginkan. Karena hakekat shodaqoh itu adalah mengembalikan harta kita yang di berikan oleh Alloh SWT kepada pemiliknya Alloh SWT.

2 Ihtiar
Beriktiar untuk mencari sesuatu yang diinginkan / jodoh ini sangat di anjurkan oleh Alloh SWT. Dan berihtiarlah menurut aturan Al-qur’an dan sunnah rosul dan jangan menyimpang dari ajaran islam. Salah satunya dengan cara :

a.      Silaturahmi
Perbanyaklah silaturahmi dengan sesama, dan kita bisa memulai dari yang terdekat misalnya Keluarga dan sanak saudara / kerabat kemudian tetangga dan teman / handai tolan. Dan usahakan silaturahmi karena Alloh SWT dengan maksud ihtiar mencari jodoh ini diutamakan kepada orang-orang yang sholeh dan di lakukan di tempat yang baik pula menurut Alloh SWT.
Karena memang dengan silaturahmi kita secara otomatis akan semakin mendekatkan pada jodoh yang kita inginkan karena semakin banyak kita bertemu dengan orang2. Dan di utamakan orang-orang itu orang yang baik dan di laksanakan di tempat yang baik menurut Alloh SWT karena Alloh SWT telah berfirman dalam surat an-nur ayat 26:
Artinya ” Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezki yang mulia (surga).” (An Nur 26).

b.      Berihtiar lewat orang-orang sholeh
Janganlah kita malu mengungkapkan apa yang kita inginkan, mintalah untuk di carikan jodoh yang baik pada orang tua, kerabat, atau teman dekat dan mintalah di doakan oleh mereka. Dan bisa juga lewat kiyai / ustadz atau orang2 yang sholeh yang selalu mendekatkan diri kepada Alloh SWT. Dan mintalah untuk di doakan oleh mereka juga. Karena kita tidak tahu cara Alloh SWT mengabulan doa dan memberikan jalan jodoh buat kita, bisa melalui kita secara langsung atau bisa juga lewat orang tua atau orang-orang sholeh.
Juga tidak dipungkiri anak-anak yang dosanya masih tanggungan orang tuanya / anak yang belum baligh dan anak-anak yatim yang belum baligh pula, bisa kita meminta untuk di doakan oleh mereka karena hati mereka yang masih suci, bersih dan belum memiliki dosa. Insya Alloh doa mereka akan di dengar dan di ijabah oleh Alloh SWT.    

Catatan : yakinlah / istiqomahlah dengan apa yang telah kita lakukan bahwa Alloh pasti akan memberikan apa yang kita inginkan. Amiiiinnn..

Disadur dari berbagai sumber.
Semoga Bermanfaat.




 


1 komentar: