Rabu, 26 Juni 2013

KIAT SEHAT SEDERHANI ALA ISLAM



Kiat Sehat Sederhana Ala Islam
Disusun Oleh : imang hilman
Hidup sehat adalah anugrah Alloh SWT yang merupakan dambaan semua manusia, dengan sehat kita bisa melaksanakan semua aktifitas kita dengan lancer termasuk bekerja, ibadah kepada Alloh SWT dll. Tapi terkadang gaya hidup kita dan permasalahan yang pelik membuat penyakit tersebut timbul sehingga segala aktifitas dan rutinitas kita menjadi terganggu. Sampai akhirnya kita harus berobat ke dokter. Dan tanpa disadari pihak dokter memvonis penyakit yang kita derita itu, mengharuskan kita rawat inap di rumah sakit, perlu cuci darah, perlu operasi, penyakit kronis, tak bisa di sembuhkan atau penyakit ganas yang akan membuat kita putus asa karena mungkin biaya yang mahal, bertambahnya stress karena penyakit itu penyakit ganas / tak bisa di sembuhkan. Sehingga meskipun sembuh kita masih harus menjalana therapy kerena pengaruh negatip obat atau hal2 duniawi lainnya.
Tanpa kita sadari kita sudah tidak tahu hakikat hidup kita sebanarnya! Tanpa kita sadari penyakit dan sehat itu datangnya dari Alloh SWT! Tanpa kita sadari kita melupakan Alloh SWT! Tanpa kita sadari kenapa kita tidak meminta penyembuhan atau kesehatan kepada Alloh SWT! Tanpa kita sadari juga kita memiliki islam yang merupakan agama pemecah solusi! Islam sebagai agama yang fleksibel mengatur hal2 tidak hanya di kehidupan duniawi yang fana semata tapi juga kehidupan akhirat yang abadi. Alqur’an dan sunnah adalah pandangan pokok sebagai solusi umat untuk pemecah sebagai persoalan yang tidak akan termakan oleh waktu.
Disini saya mencoba menggali bagaimana hidup sehat sederhana ala islam yang berpatokan pada sunnah dan al-qur’an untuk penyembuhan orang yang sakit dan juga menjaga umat untuk selalu sehat :       
1.      Tidur cukup .
Mulailah tidur dari jam 21.00 (9 malam)
2.      Bangun 1/3 pagi atau jam 2.30 (setengah 3 pagi)

1.      Waktu yang paling baik untuk bertawasul dan ibadah :
1.Sangat utama : 1/3 malam pertama ( Ba’da Isya – 22.00 )
2. Lebih utama : 1/3 malam kedua ( pukul 22.00 – 01.00 )
3.Paling utama : 1/3 malam terakhir ( pukul 01.00 - Subuh )
2.      “ Sesungguhnya pada waktu malam ada satu saat ( waktu. ). Seandainya seorang Muslim meminta suatu kebaikan didunia maupun diakhirat kepada Allah SWT, niscaya Allah SWT akan memberinya. Dan itu berlaku setiap malam.” ( HR Muslim )
Mulailah membiasakan diri bangun jam 2.30 / setengah 3 pagi dan jaga hingga subuh dan sampai matahari terbit sampai beraktifitas
3.      Mulailah sholat tahajud 2 rokaat. kalau mampu 4 rokaat -6 rokaat-8 rokaat atau 12 rokaat dengan tiap 2 rokaat salam.
Said Ibnu Yazid, bahwasannya Nabi Muhammad SAW shalat malam 13 raka’at, sebagai berikut :
1) 2 raka’at shalat Iftitah.
2) 8 raka’at shalat Tahajud.
3) 3 raka’at shalat witir.
4.      Dilanjutkan dengan sholat hajat
Lakukan sholat sunnat hajat 2 rakaat beserta doanya.

“Alhamdulillah hirobbil alamin as aluka mujibatika rohmatika wa ajaima magfirotika walgonimata minkulli birrin wasalamata min kulli ismin la tada’lu damban illa gofartahu wala hamman illa faroztahu wala hajatan illa hiya laa ka ridho illa khodoita ya arhamarrohimin.

5.      Amalan wirid
a.       Astagfirullohaladzim liwaliwalidayya waliashabil huquki wajibati alayya walizamiil muslimina walmuslimat walmukminina walmukminat. 7x, 11x, 33x atau 100x (semampunya).
b.      Lailahaillalloh huwahdahu lasarikalah lahulmulku walahulhamdu yuhyi wayumitu wahua ala kulli sai’in qodir. 7x, 11x, 33x atau 100x (semampunya).
c.       Subhanalloh walhamdulillah wala ilahaillalloh walohuakbar, 7x, 11x, 33x atau 100x (semampunya).
d.      Istigfar
“Astagfirullohaladzim” 100x / 200x (Semampunya). Memohon ampun akan segala dosa yang kecil dan besar. Bertaubat nasuha / tidak akan mengulang perbuatan dosa.
e.       Tahmid
Alhamdulillah 100x / 200x (Semampunya). Bersyukur atas segala nikmat yang telah di berikan. Nikmat lahit bathin & nikmat iman islam.
f.       Tahlil
“Laillahaillalloh” 100x / 200x (Semampunya). Meyakini bahwa tiada tuhan selain Alloh SWT & semua yang menjadikan sehat dan penyakit hanya Alloh SWT tiada kekuatan lain selain Alloh SWT. Tambah keyakinan kepada Alloh SWT.
g.      Asmaul Husna
“Yaa Salaam” (Yang Memberi Keselamatan) Fadilahnya : Jika di baca 136 kali setiap hari, niscaya Alloh SWT akan memberikan keselamatan bagi kita dari segala penyakit yang ada pada tubuh kita. Juga bisa di tambah dengan membaca Ya rahman, Ya rohim, Ya malik.
h.      Sholawat pada nabi
Utama Sholawat narriyah / bisa sholawat yang lainnya. 11x, 33x, 50x, 100x / lebih baik diamalkan 4444x.
sholawat nariyah :

"Allohumma sholli shollatan kamilatan wa sallim salaman. Taman 'ala sayyidina Muhammadiladzi tanhallu bihil 'uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdhobihil hawa iju wa tunna lu bihiro 'ibu wa husnul khowatim wa yustaqol ghomawu biwaj hihil kariim wa 'ala aalihi washosbihi fii kulli lamhatin wa nafasim bi'adadi kulli ma'luu mi laka ya robbal 'aalamiin"

Sholawat itu adalah berdoa untuk rosul tetapi hakikatnya sholawat itu adalah berdoa untuk diri kita sendiri karena rosul sudah di jamin oleh Alloh SWT.
Dan sholawat itu sungguh dapat merobek hijab / penghalang doa seseorang sampainya ke Alloh SWT (Sumber kitab durrotun nasihin).
6.      Berdoa
Terakhir kita bisa berdoa dengan bahasa kita sendiri yang diawali dengan meminta ampun atas semua dosa dan tidak mengulangnya, bersyukur atas nikmat, meminta untuk dikuatkan dan ditetapkan iman islam dan keyakinan kepada AllohSWT, dipanjangkan umur untuk ibadah dll. Baru kita minta untuk di sembuhkan dari segala penyakit dan selalu dijaga kesehatan kita.
Semuanya dilakukan dengan penuh keyakinan bahwa Alloh SWT itu segala-galanya.
Lakukan sampai menjelang subuh. Menjelang subuh awali dengan sholat qobla subuh, sholat subuh, lalu wiridan ba’da sholat. Dan kalau sudah selesai langsung aktifitas / jangan tidur lagi. Sampai matahari terbit dan bekerja.
Cat : lebih baik lagi dengan tambahan melaksanakan sholat sunnat muakad, sholat dluha,  wiridan ba’da sholat, puasa sunnat.
  1. Silaturahmi
Pererat dan perbanyak silaturahmi yang di mulai dari yang terdekat orang tua, saudara, tetangga serta rekan. Mintalah maaf kepada mereka meski kita merasa kita melakukan kesalahan kepada mereka.
  1. Sodaqoh
Perbanyak sodaqoh karena Alloh SWT dengan menyisihkan sebagian rizky yang kita miliki. Karena dengan shodaqoh itu berarti kita membersihkin diri dan juwa. Karena di dalam rizky kita itu ada hak-hak orang lain dan juga mungkin saja rezeky kita didapat dari jalan yang salah disadari atau tanpa disadari. Juga dengan shodaqoh berarti kita mengembalikan atau meminjamkan rezeky kita kepada Alloh SWT.    
  1. Beraktifitas Islami
Sempatkanlah berolah raga dan hindari pikiran2 yang membuat anda pusing dan jenuh, juga jangan menganggap berat / ruwet sebuah masalah. Bebaskan pikiran anda dan yakinlah Alloh SWT selalu berada mendampingi kita, juga selalu mengingat akan kepanaan duniawi dan keabadian akhirat dengan selalu membaca Al-qur’an, menghadiri majlis ta’lim dan mendengarkan ceramah2 karena islam mengajarkan yang demikian.
 (Lakukan hal di atas berulang-ulang/rutin dan langgengkan/dibiasakan. Insya Alloh segala penyakit yang kita derita akan sembuh dengan ijin Alloh SWT dan juga kehidupan kita di dunia dan di akhirat akan selalu di jaga oleh Alloh SWT).
Semoga bermanfaat
Amiiinn

1 komentar: