Rabu, 06 Oktober 2010

Belajar Sholat Pardu Bag.5

PRAKTEK SHOLAT LIMA WAKTU

1. Dimulai dengan membaca doa “Usolli sholat fardu ,,,,duhri (untuk sholat dhuhur), asri (untuk sholat ashar), maghribi (untuk sholat maghrib), isyai (untuk sholat isya), subhi (untuk sholat subuh)”.
2. Kemudian “Takbirotul ihram”
Mengangkat tangan dengan posisi jari2 ke atas dan kedua jempol tangan berada di bawah ujung kedua telinga sembari membaca “Allohu Akbar” dan berbarengan dengan itu hati kita berniat untuk sholat wajib waktu itu (Niat saya sholat ……… …… rakaat pardu karena alloh ta’ala).
3. Kemudian “Iftitah”
Menyimpan kedua telapak tangan di atas perut, dengan posisi tangan kanan mendekar tangan kiri, dan membaca do’a iftitah :
“Allaahu akbar kabiirau walhamdu lillaahi katsiraa wasubhaanallaahi bukratan wa ashiilaa. Inni wajjahtu wajhiya lilladzii fatharassamaawaati wal ardha hanifan musliman wamaa anaa minal musyrikin. Inna shalaatii wanusukii wa mahyaaya wamamaatii lillaahi rabbil ‘aalamin. Laasyarikalahu wabidaalika umirtu wa anaa minal muslimina.”
Artinya “Alloh itu maha besar dengan sebesar-besarnya, segenap puji bagi Alloh dengan sebanyak-banyaknya dan maha suci Alloh di waktu pagi dan siang. Sesungguhnya kami menghadapkan mukaku kepada Dzat Pencipta langit dan bumi . dengan tulus dan ikhlas sebagai seorang islam dan saya bukanlah termasuk orang-orang musyrik (Penyembah selain Alloh). Sesungguhnya ahalatku, ibadahku, hidup matiku itu adalah untuk Alloh yaitu Tuhan sekalian alam. Tiada sekutu bagi Alloh dan dengan demikianlah saya diperintah dan saya adalah termasuk orang-orang islam.”
4. Kemudian membaca surat Al-fatihah
5. Kemudian membaca surat dalam Al-qur’an
6. Kemudian “Rukuk”
Membungkukan badan dengan posisi kedua telapak lengan menempel pada dengkul kaki, dan membaca do’a rukuk :
“subhaana Robbiyal ‘azhiimi wabihamdihi.”
Artinya “Maha suci Tuhanku yang maha agung dan dengan segenap pujinya.”
7. Kemudian “I’tidal”
Berdiri tegak dengan posisi kedua belah lengan di samping, dan membaca do’a I’tidal :
“Sami Allaahu liman hamidahhu Rabbanaalakal hamdu mil ussamaawaati wamilul ardhi wamil u maa tsi’ta min syai in ba’du.”
Artinya “Semoga Alloh suka mendengar pujian orang yang memujiNya. Ya Tuhan kami, bagi Engkaulah segenap puji yang memenuhi semua langit. Juga memenuhi apa saja yang Engkau kehendaki selain itu.”
8. Kemudian “Sujud pertama”
Dengan membaca do’a sujud pertama :
“Subhaana Rabbiyal a’laa wabihamdihi”
Artinya “Maha suci Tuhanku yang maha tinggi dan dengan segenap pujiNya”
9. Kemudian “Duduk antara dua sujud”
Dengan membaca doanya
“Rabbigfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqni wahdini wa’aafinii wa’fu ‘annii”
Artinya “Ya Tuhanku, ampunilah aku, kasihanilah aku, cukupilah kebutuhanku, tinggikanlah derajatku, berilah aku rizki, tunjukilah aku, sehatkanlah aku, dan maafkanlah aku”
10. Kemudian “Sujud kedua”
Dengan membaca do’a sujud pertama :
“Subhaana Rabbiyal a’laa wabihamdihi”
Artinya “Maha suci Tuhanku yang maha tinggi dan dengan segenap pujiNya”
11. Kemudian “Tahiyat awal”
Dengan membaca doa tahiyat awal
“Attahiyyaatul mubaarakaatushshalawatuth thayyibaatu lillahi assalaamu ‘alaika ayyuhannabiyyu warahmatullahi ‘alaika ayyuhannabiyyu warahmatullahi wabarakaatuhu assalaamu’alainaa wa’alaa ‘ibadillaahishshalihin. Asyhadu anlaa ilaahaillaallah wa asyhaduanna muhammadarrasulullaah. Allohumma shalli aali sayyidinaa muhammadin.”
Artinya “Segenap kehormatan, keberkahan, kerahmatan dan kebaikan itu adalah bagi Alloh keselamatan tetaplah atasmu wahai nabi Muhammad beserta rahmat dan berkah Alloh, dan Muhammad itu utusanNya. Ya Alloh, berikanlah tambatan rahmat atas junjunan kami Muhammad dan keluarganya.”
12. Tasyahud akhir / Tahiyat akhir
Dengan membaca doa tasyahud akhir / tahiyat akhir
“Attahiyyaatul mubaarakaatushshalawatuth thayyibaatu lillahi assalaamu ‘alaika ayyuhannabiyyu warahmatullahi ‘alaika ayyuhannabiyyu warahmatullahi wabarakaatuhu assalaamu’alainaa wa’alaa ‘ibadillaahishshalihin. Asyhadu anlaa ilaahaillaallah wa asyhaduanna muhammadarrasulullaah. Allohumma shalli aali sayyidinaa muhammadin. Kama shallaita ‘alaa sayyidinaa ibraahiima wa’alaa aali sayyidinaa ibraahima wabarik ‘alaa sayyidinaa Muhammad wa’alaa aali sayyidinaa Muhammad kama barakta ‘alaa sayyidinaa ibraahiima wa’alaa aali sayyidina ibraahima fil’aalamiina innaka hamiidummajiidun.”
Artinya “Segenap kehormatan, keberkahan, kerahmatan dan kebaikan itu adalah bagi Alloh keselamatan tetaplah atasmu wahai nabi Muhammad beserta rahmat dan berkah Alloh, dan Muhammad itu utusanNya. Ya Alloh, berikanlah tambatan rahmat atas junjunan kami Muhammad dan keluarganya. Sebagaimana Engkau telah memberikan kerahmatan kepada junjunan kami, Ibrahim dan keluarganya. Dan berikanlah keberkahan atas junjunan kita Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau telah memberikan keberkahan atas Ibrahim dan keluarganya di seluruh alam. Sesungguhnya Engkau adalah maha terpuji lagi mulia.”


SUJUD SAHWI
Sujud sahwi adalah sujud yang dilakukan ketika kita lupa mengerjakan salah satu rukun dalam shalat. Caranya setelah salam kita sujud berulang-ulang sebanyak dua kali.
Bacaan sujud sahwi “ Subhaanaa man laa yanamu walaa yashu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar