Rabu, 06 Oktober 2010

Belajar Sholat Pardu Bag.3

Rukun sholat

1. Niat.
Arti niat ada dua :
a. Asal makna niat adalah “menyengaja” sesuatu perbuatan. Dengan adanya kesengajaan ini, perbuatan dinamakan ikhtijari (kemauan sendiri, bukan dipaksa).
b. Niat menurut syara’(yang menjadi rukun sholat dan ibadah yang lain), yaitu menyengaja suatu perbuatan karena mengikuti perintah Alloh SWT supaya di ridoi-Nya. Inilah yang dinamakan ikhlas. Maka mengikuti perintah Alloh SWT semata-mata agar mendapat keridoan-Nya; begitu juga ibadat yang lain.
Firman Alloh SWT dalam surat Al-Bayyinah ayat 5 :”Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Alloh SWT dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam menjalankan agama dengan tulus.”
“Sesungguhnya segala amal itu hendaklah dengan niat.”(HR. Bukhari dan Muslim)
2. Berdiri bagi yang kuasa.
Orang yang tidak kuasa berdiri boleh sambil duduk; kalaupun tidak kuasa duduk boleh berbaring, dan kalau tidak kuasa berbaring boleh menelentang, kalau tidak kuasa juga demikian boleh sholatlah sekuasanya walaupun dengan isyarat. Yang penting sholat tidak boleh ditinggalkan selama iman masih ada. Orang yang di atas kendaraan kalau takut jatuh atau takut mabuk, ia boleh sholat sambil duduk.
3. Takbirotul ihram (membaca “Allohu akbar”)
4. Membaca surat Al-fatihah
5. Rukuk serta tumaninah
6. I’tidal serta tumaninah
7. Sujud dua kali serta tumaninah
8. Duduk diantara dua sujud serta tumaninah
9. Duduk akhir
10. Membaca tasyahud akhir
11. Membaca sholawat atas nabi
12. Membaca salam yang pertama (ke kanan)
13. Menertibkan rukun.
Artinya meletakan tiap-tiap rukun pada tempatnya masing-masing menurut susunan yang telah di sebutkan.


Sunat-sunat sholat
1. Mengangkat kedua tangan ketika takbirotul ihrom sampai tinggi ujung jari sejajar dengan telinga, telapak tangan setinggi bahu, keduanya dihadapkan ke kiblat.
2. Mengangkat kedua tangan ketika akan rukuk, ketika berdiri dari rukuk, dan tatkala berdiri dari tasyahud awal dengan cara yang telah di terangkan pada takbirotul ihram.
Sabda Rasululloh SAW :”Dari ibnu umar Ia berkata, Apabila Nabi SAW hendak melakukan sholat, beliau mengangkat kedua tangannya sehingga keduanya sama tinggi dengan kedua belah bahunya, kemudian baru beliau takbir. Apabila hendak rukuk, beliau mengangkat kedua tangannya seperti demikian; dan apabila bangun dari rukuk, beliau angkat pula kedua belah tangannya seperti demikian.”
3. Meletakkan telapak tangan kanan di atas punggung tangan kiri, dan keduanya diletakkan di bawah dada. Menurut sebagian ulama diletakkan di bawah pusat.
Sabda Rasululloh SAW :”Dari wail bin hujrin, saya telah sholat bersama Rasululloh SAW. Beliau meletakkan tangan kanan Beliau diatas tangan kirinya di atas dada Beliau.” (HR Ibnu khuzaimah).
4. Melihat kea rah tempat sujud, selai pada waktu membaca : “Ashaduallailahaillalloh” dalam tasyahud / tahiyyat. Ketika itu hendaklah melihat telunjuk.
5. Membaca doa iftitah sesudah takbirotul ihram, sebelum membaca Al-fatihah
Dari abu hurairah berkata :”Rasululloh SAW, apabila telah mengucap takbir dalam sholat, beliau diam sebentar sebelum membaca fatihah, saya bertanya kepada beliau,”wahai Rasululloh SAW, demi ayah dan ibuku yang menjadi tebusannya, apakah yang Engkau baca diantara takbir dan fatihah?” Jawab beliau, “ Saya membaca : Ya Alloh SWT jauhkanlah antara aku dan kesalahanku, sebagaiman Engkau telah menjauhkan timur dan barat. Ya Alloh SWT bersihkanlah aku dari kesalahku sebagaimana kain putih di bersihkan dari kotoran. Ya Alloh SWT, basuhlah kesalahanku dengan air, es dan embun.”(HR. Bukhari dan Muslim).
Lafadnya adalah :
“wajjahtuwajhiyalilladzii fatorossama wati wama fill ardo hanifa muslima wama ana minal musrikin. Inna solati wanusuki wamahya ya wamama ti lillahi robbil a’lamina, laa sarikalahu wabidalika umir tuwa anna minal muslimina”.
Artinya : “aku menghadapkan mukaku ke hadirat yang menjadikan langit dan bumi dengan tunduk menyerahkan diri. Aku bukanlah termasuk orang-orang yang mempersekutukan Alloh SWT. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah untuk Tuhan semesta alam. Tuhan yang tiada bersekutu bagi-Nya. Dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku, dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri kepada Alloh SWT.” (HR. Muslim).
6. Membaca a’uzubillah sebelum membaca bismillah.
7. Membaca amin sehabis membaca fatihah. Disunatkan pula membaca robbigfirlii
Kalau Al-fatihah dibaca dengan suara keras, amin juga demikian, sebaliknya kalau Al-fatihah tidak dibaca keras, amin pun tidak.
Sabda Rasululloh SAW :”Apabila imam berkata walad-dallin, hendaklah kamu berkata amin. Maka sesungguhnya malaikat berkata amin pula, dan imam juga berkata amin. Maka barangsiapa yang sama-sama amin nya dengan amin malaikat, diampuni dosanya yang telah lalu.”(HR. Ahmad dan Nasai).
8. Membaca surat atau ayat Qur’an bagi imam atau orang yang sholatsendiri sesudah membaca Al-fatihah pada dua rakaat yang pertama dalam tiap-tiap sholat.surat atau ayat yang di baca pertama hendaknya lebih panjang daripada surat yang dibaca pada rakaat yang kedua, dan kedua surat itu hendaklah berurutan dalam Qur’an.
9. Sunat bagi makmum mendengarkan bacaan imamnya.
Sabda Rasululloh SWT :”Apabila kamu sholat di belakang Saya (mengikuti Saya), maka janganlah kamu baca apa-apa selain Ummul-Qur’an (Al-fatihah).” (HR. Tirmizi)
10. Mengeraskan bacaan pada sholat subuh dan pada dua rakaat yang pertama pada sholat maghrib dan isya, begitu juga sholat jum’at, sholat hari raya, terawih, dan witir dalam bulan ramadhan. Beralasan dengan amalan Rasululloh SAW, yang diriwayatkan Bukhari.
11. Takbir tatkala turun dan bangkit, selain ketika bangkit dari rukuk.
12. Ketika bangkit dari rukuk membaca “samiallohuliman hamidah”.
13. Tatkala I’tidal membaca “Robbana lakalhamdu”.
14. Meletakkan dua telapak tangan di atas lutut ketika rukuk.
15. Membaca tasbih tiga kali ketika rukuk.
Lafadnya : “Subhanarobbiladzim”.
Artinya :”Maha suci Alloh yang maha tinggi.” (HR. Muslim dan Abu dawud).
16. Membaca tasbih tiga kali ketika sujud.
Lafadnya :”Subnana robbiyal a’la.”
Artinya :”Maha suci Tuhanku yang maha tinggi.”(Riwayat muslim).
17. Membaca tasbih tiga kali ketika sujud.
18. Membaca doa ketika duduk antara dua sujud.
19. Duduk iftisary (Bersimpuh) pada semua duduk dalam sholat. Kecuali duduk akhir.
20. Duduk tawarruh di duduk akhir.
21. Duduk istirahat sebentar sesudah sujud kedua sebelum berdiri. Beralasan kepada amalan Rasululloh SAW.
22. Bertumpu pada tanah tatkala hendak berdiri dari duduk.
23. Memberi salam yang kedua, hendaklah menoleh ke sebelah kiri sampai pipi yang kiri itu kelihatan dari belakang.
Dari said bin abi waqos, ia berkata, “Saya meliaht Nabi SAW member salam ke kanan dan ke kiri sehingga kelihatan putih pipi beliau.”(HR. Muslim).
24. Ketika memberi salam hendaklah diniatkan memberi salam kepada yang di sebelah kanan dan kirinya, baik terhadap manusia maupun malaikat. Imam member salam kepada makmum, dan makmum berniat menjawab salam imam.
Bersambung....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar